Panduan Usaha Cara Budidaya Jangkrik

Panduan Usaha Cara Budidaya Jangkrik - Setelah sebelumnya saya memberikan panduan Cara Budidaya Lobster Air Tawar untuk pemula, kali ini saya akan memberikan panduan untuk pembudidayaan jangkrik.

Memang dalam dunia bisnis tidak akan ada habisnya jika harus di bahas, mulai dari bisnis rumahan sampai bisnis skala besar. Sesuai dengan judul di atas, saya akan sedikit memberi panduan awam bagi anda yang ingin memulai usaha budidaya jangkrik.

cara ternak jangkrik

Permintaan jangkrik tidak akan habisnya, apalagi ditambah banyaknya pecinta burung sehingga jangkrik menjadi primadona untuk pakan burung. Jika melihat dari segi bisnis tentunya budidaya atau ternak jangkrik cukup menjanjikan untuk dijadikan ladang bisnis anda.

Maka dari itu simaklah artikel "Panduan Usaha Cara Budidaya Jangkrik" berikut ini.

1. Place (tempat/lokasi).

Yang harus diperhatikan dalam memilih tempat atau lokasi untuk membudidayakan jangkrik adalah sebagai berikut:
  • Suhu udaranya sejuk
  • Suasana yang tenang (jauh dari kebisingan).
  • Teduh (tidak langsung tersinari matahari) sebaiknya siapkan ruangan khusus.
2. Kandang Jangrik.

kandang jangkrik
Kandang atau media ternak jangkrik sebaiknya menggunakan bahan baku triplek agar kebih kokoh dan awet.

Buatlah dengan tinggi sekitar 150 cm dengan lebar 100cm, buatlah agar membentuk rak atau sekat untuk mempermudah, setiap rak untuk 2 wadah jangkrik.


Sebaiknya anda meminta jasa pembuatan kandang jangkrik ini kepada tukang kayu agar lebih kokoh dan cantik.

3. Pembibitan.

bibit jangkrik
Bibit jangkrik sebaiknya anda cari di penjual bibit jangkrik, karena lebih praktis atau anda bisa langsung mencarinya di alam bebas karena memiliki daya tahan yang kuat.

Untuk perawatan bibit jangkrik haruslah ekstra teliti karena jika mereka kekurangan makanan maka akan segera mati.

Anda dapat memberi sayur sayuran, ubi jalar dll.



4. Pembesaran Jangkrik.

Jangkrik yang sudah dewasa sudah siap untuk di kembangbiakan, metode pengembangbiakan bisa menggunakan metode perkawinan.

Yang terpenting adalah selalu memperhatikan dalam pemberian pakan, karena jika lengah dan persedian makanan jangkrik habis maka dapat menyebabkan kerugian karena jangkrik merupakan hewan kanibal, jika kekurangan makanan mereka akan memakan jangkrik lainnya.

Untuk menghasilkan telur yang banyak dan menetas sempurna maka indukan jangkrik harus diberi makanan kaya akan gizi seperti: ramuan tepung ikan, kuning telur bebek dan ramuan lainnya.

Pada setiap wadah taruhlah jangkrik jantan dan betina dengan perbandingan 8 : 2, ini bertujuan agar indukan jangkrik dapat bertelur dan memiliki daya tetasan tinggi. Proses bertelur jangkrik harus di awasi, jika setelah 4 hari sejak awal bertelur maka segeralah dipisahkan dari indukan jangkrik.

5. Perawatan Jangkrik.

budidaya jangkrik

Dalam merawat jangkrik, anda harus memperhatikan berberapa aspek:
  • Kebersihan Kandang.
  • Pemberian Pakan.
  • Pengontrolan Penyakit.
6. Pemanenan.

Inilah saat yang ditunggu tunggu, biasanya jangkrik dapat di panen jika sudah tumbuh sayap baru atau kisaran umur 2 bulan. Lakukan pemanenan dengan sangat hati hati karena jangkrik adalah hewan yang rawan sentuhan dan lincah.


Itulah gambarang singkat untuk Panduan Usaha Cara Budidaya Jangkrik yang dapat saya berikan. Mohon maaf apabila ada kekurangan. Semoga dapat membantu anda untuk memulai usaha dan memberi inspirasi usaha bisnis anda.

0 Response to "Panduan Usaha Cara Budidaya Jangkrik"

Posting Komentar

wdcfawqafwef