Cara Budidaya Lobster Air Tawar

Cara Budidaya Lobster Air Tawar - Masih seputar Budidaya, setelah sebelumnya saya membuat artikel tentang Panduan Budidaya Buah Naga, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai pembudidayaan Lobster air tawar.

budidaya lobster air tawar
Lobster Air Tawar

Lobster Air Tawar merupakan crustacea yang menyerupai seperti lobster, sesuai dengan namanya lobster ini hidup di perairan tawar yang tidak tercemar. Makanan utamanya adalah zooplankton serta tumbuhan air.
Lobster air tawar lebih menyukai habitat air tawar yang berbatu karena cocok sebagai tempat berlingdung.

Mengapa Lobster air tawar ramai di budidayakan? Tentu jawabannya karena hewan ini terbilang langka, sehingga memiliki daya jual yang tinggi, serta banyak digemari para pemburu makanan rendah kolesterol.

Dengan banyak keungulan dari hewan ini, jelas sangat berpeluang sebagai Ladang Usaha serta memiliki peluang usaha yang cukup menjanjikan.
Untuk itu saya akan memberikan tata cara Budidaya Lobster Air Tawar berikut ini.

Pembenih Lobster Air Tawar.

Untuk tahap awal budidaya lobster air tawar adalah Pembenihan, dimana kita akan mendapatkan benih - benih lobster yang akan kita budidayakan.
Proses pembenihan lobster air tawar tidaklah begitu sulit dan dapat dilakukan sendiri. Berikut ini cara pembenihan lobster air tawar:
  • Pilihlah indukan Lobster air tawar yang telah berumur 6 Bulan atau lebih.
  • Pembenihan dilakukan di dalam aquarium berukuran 1 meter x 0,5 meter x 0,25 meter.
  • 1 Aquarium hanya untuk 6 Pejantan dan 4 Betina.
  • Letakan 5 buah paralon ukuran sedang, sebagai tempat perkawinan lobster.
  • Setelah 3 Minggu segera cek indukan lobster yang sudah bertelur, cirinya lobster yang bertelur akan telihat pendiam dan lebih membungkuk.
  • Pindahkan indukan lobster yang bertelur ke Aquarium lain (1 aquarium hanya untuk 1 indukan saja).
  • Setelah di pindahkan, induk lobster akan mengerami telur lobster air tawar selama 1 bulan.
  • Setelah 1 bulan biasanya telur sudah menetas dan di sebut larva lobster air tawar.
  • Perawatan larva lobster biasanya memerlukan waktu 2 Minggu sampai siap di budidayakan.

Media Budidaya Lobster Air Tawar

Untuk media pembudidayaan lobster air tawar biasanya menggunakan Kolam, baik itu kolam semen, kolam tanah, kolam plastik atau aquarium.

kolam lobster air tawar
Kolam Lobster Air Tawar
Apapun media yang digunakan usahakan menggunakan air tawar yang mengalir. Serta di beri banyak paralon sebagai tempat berlindung bagi lobster air tawar.


Perawatan Lobster Air Tawar

Proses perawatan lobster air tawar tidaklah sulit, yang di perlukan hanya ketekunan dan tentunya rajin memberi pakan, membersihkan kolam serta menjaga kualitas air tawar agar tidak tercemar, karena lobster air tawar tidak dapat hidup di air yang tercemar.

Pakan Lobster Air Tawar:
  • Pelet
  • Singkong
  • Sayuran Hijau
  • Plankton

Pemanenan Lobster Air Tawar

Jika lobster sudah mencapai 11 - 12 ekor/Kg, maka itu tandanya lobster air tawar sudah siap untuk di panen. Proses pemanenan sama seperti memanen ikan hanya di perlukan kehati hatian agar lobster tidak terinjak.

Nah itulah panduan pemula untuk Cara Pembudidayaan Lobster Air Tawar yang bisa saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

1 Response to "Cara Budidaya Lobster Air Tawar"

  1. LuckyClub Casino Site - Get Bonus with Luckyclub
    Lucky Club is a UK gambling site owned and operated by Lucky Club. luckyclub The site has a number of top-class promotions like Free Spins, cashback and other welcome

    BalasHapus

wdcfawqafwef