Panduan Budidaya Buah Naga

budidaya buah naga
Budidaya Buah Naga
Panduan Budidaya Buah Naga - mulaibisnisusaha.blogspot.com. Pada artikel kalin ini saya akan memberikan informasi menarik seputar budidaya buah naga. Buah Naga merupakan tanaman yang masuk dalam kelompok tanaman kaktus, yang tentunya kaktus adalah jenis tanaman yang bukan asli berasal dari Indonesia melainkan tanaman ini berasal dari Benua Amerika tepatnya di Meksiko.



Sejarah sampainya tanaman buah naga ini bermula saat bangsa Prancis membawa tanaman ini ke kawasan Asia Tenggara tepatnya di Vietnam. Dan akhirnya menyebar ke seluruh wilayah ASEAN termasuk Indonesia.

Mengapa dikatakan Buah Naga ? pandangan orang awam saja sudah jelas bahwa di beri nama buah naga karena bentuk buahnya seperti sisik naga (hewan mitologi zaman dahulu). Tanaman ini mulai populer di negara kita mulai awal milenium (Tahun 2000).

Buah naga memiliki beberapa spesies yang saat ini banyak di budidayakan khususnya di Indonesia.

Hylocereus undatus
Hylocereus undatus
buah naga ungu
Hylocereus polyrhisus

buah naga merah
Hylocereus costaricensis
buah naga kuning
Hylocereus megalanthus













  1. Hylocereus undatus (Kulit buah berwarna merah dan isi danging buah berwarna putih).
  2. Hylocereus polyrhisus (Kulit buah beserta daging buahnya berwarna merah).
  3. Hylocereus costaricensis (Kulit buah berwarna merah dengan daging buah berwarna merah pekat keunguan).
  4. Hylocereus megalanthus (Kulit buah berwarna kuning dengan daging buah berwanra putih).

Saat ini Budidaya Buah Naga di Indonesia mulai di gandrungi masyarakat, dengan kondisi wilayah yang cocok untuk tanaman ini tentunya akan memudahkan proses pembudidayaan buah naga. Berikut ini langkah dan panduan memulai usaha pembudidayaan buah naga.

A. Pemilihan Bibit

Bibit buah naga dapat diperoleh dengan cara mudah, karena buah naga termasuk tumbuhan kaktus maka anda cukup menggunakan metode Vegetatif. Dengan memilih batang yang tua dan keras dan pilihlah batang yang berukuran paling besar.

Dalam 1 batang bibit minimal memiliki 4 mata tunas, setelah dipotong biarkan batang/stek sampai getah benar benar kering, karena jika langsung di tanam dalam kondisi getah masih basah akan menyebabkan pembusukan.

Metode penanaman bibit bisa menggunakan Polybag atau metode tancap langsung ke tanah (bedengan).
Pada dasarnya tanaman ini sanggup bertahan di cuaca ekstrim, namun alangkah baiknya siramilah sebanyak 2-3 kali sehari.

Setelah kisaran 3 minggu maka tunas baru akan tumbuh, pastikan bibit mendapat cahaya langsung dari matahari untuk memaksimalkan pertumbuhan. Dalam proses penanaman bibit kurang lebih memakan waktu 2 sampai 3 bulan. Jadi anda harus sabar dan rutin merawat bibit buah naga ini.

B. Persiapan Pembudidayaan

Setelah bibit buah naga siap, tentunya harus ada lahan luas jika ingin memperoleh hasil maksimal. Jika kita memiliki lahan sekitar 1 Hektar maka bibit yang harus siap berjumlah 5.000 lebih bibit buah naga.

- Pembuatan Tiang Panjat

tiang buah naga
Tanaman buah naga tidak memilika batang keras seperti pohon kayu, karena itu diperlukan penopang untuk dapat berkembang lebih bagus.

Buatlah tiang berdiameter 10-20 cm dengan panjang 2-3 meter. dan tancapkan tiang sedalam 30-50 cm kedalam tanah agar tiang tetap kokoh menahan berat tanaman buah naga.






- Pengolahan Tanah

lahan buah naga
Lahan yang digunakan untuk pembudidayaan buah naga baiknya dibuat bedengan.

Buatlah lubang 50x50 cm sedalam 50 cm lalu tanamkan tiang  kedalam lubang tersebut. buatlah sexara berjejer agar terkesan rapih dan tentunya akan mempremudah dalam perawatan serta pemanenan.







- Penanaman Bibit Buah Naga

budidaya buah naga
Penanaman bibit buah naga untuk 1 tiang panjat membutuhkan 2-4 batang bibit ditanam mengitari tiang panjat dengan jarak bibit ke tiang sekitar 8 cm.
Ikatlah bibit menggunakan tali rafia. Jarak antara ikatan 1 dengan lainnya adalah 30 cm.









- Proses Perawatan

Untuk perawatannya sendiri tidak jauh beda dengan budidaya tanaman lainnya, dengan rutin memberi pupuk organik (kompos) atau pupuk buatan.
Selain itu penyiraman juga sangat penting, pada musim kemarau penyiraman dilakukan minimal 3 kali sehari.

C. Pemanenan Buah Naga

Proses yang ditunggu - tunggu dalam Budidaya Buah Naga adalaha tahap pemanenan. Buah naga umumnya akan mulai berbuah pada usia 10 bulan (1 tahu pertama) setelah penanaman. Untuk 1 tanaman dapat menghasilkan buah sekitar 1 kilogram.

Buah naga yang sudah berwarna merah mengkilap menandakan bahwa buah naga sudah siap panen.

panen buah naga
Buah Naga Siap Panen


Pasar buah naga di indonesia masih berpotensi jadi tidak ada salahnya kita mencoba pembudidayaan tanaman buah naga ini.

0 Response to "Panduan Budidaya Buah Naga"

Posting Komentar

wdcfawqafwef